Wednesday, April 13, 2011

Pengenalan Jaringan Komputer

Semua orang teknisi komputer pasti mengenal jaringan komputer. Jaringan komputer saat ini sudah terasa kali manfaatnya. Bahkan, mungkin jaringan komputer akan menjadi bagian utama kehidupan di dunia ini untuk berkomunikasi. Jaringan komputer atau yang biasa disebut dengan Jaringan saja, merupakan suatu sistem yang dimana terdapat dua komputer atau lebih dan mereka saling terhubung dengan media jaringan seperti kabel atau wireless.
Jaringan komputer dibentuk memeliki beberapa fungsi yang manfaatnya terasa sampai saat ini. Contohnya saja :
  1. Sharing data dan hardware external (printer, scanner)
    Dengan sharing data, kita bisa membagi file yang berada di komputer kita untuk dibagikan ke komputer lain dengan jaringan. Sehingga tidak memakan waktu untuk bolak – balik dari komputer anda ke komputer yang membagikan file tsb untuk mengambil file tsb. Dan juga bisa membagikan printer atau scanner yang ada. Jadi semua komputer bisa mengeprint dengan sebuah printer tersebut. Hal ini akan menghemat pembiayaan. Karena tak perlu lagi membeli printer sebanyak komputer yang ada. Cukup salah satu komputer yang memliki printer yang nantinya printer itu disharing dengan jaringan.
  2. Sarana komunikasi
    Dengan jaringan, kita bisa berkomunikasi secara realtime, layaknya sebuah telepon. Tetapi dengan jaringan, kita bisa melakukan lebih dari sekedar telepon. Kita bisa lengsung berbincang-bincang secara tatap muka dengan fasilitas video chatting. Kemudian surat menyurat yang biasanya mengirimkan surat kita ke kantor pos. Digantikan dengan sarana e-mail yang sekarang bisa mengirim surat secara cepat dan nyaman. Hanya butuh koneksi internet, maka kita bisa mengirim surat tersebut secara langsung dan sampai dengan cepat.
  3. Akses Informasi
    Jaringan membuat kita semakin terbuka akan informasi. Karena sebagian orang sekarang membagi ilmu, pengetahuan, dan berita-berita yang terkini melalui internet. Nah jika kita sudah memiliki jaringan internet tersebut , maka pintu gerbang akan informasi-informasi tersebut sudah terbuka secara lebar. Kita tinggal mencarinya sesuai dengan kebutuhan informasi yang diperlukan.


Berdasarkan jaraknya, jaringan komputer dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu:
  1. PAN (Personal Area Network)
    Untuk PAN cakupannya sangat kecil yaitu hanya beberapa meter saja. Seperti koneksi bluetooth dari handphone ke laptop.  laptop ke laptop, dll.
  2. LAN (Local Area Network)
    LAN memiliki cakupan yang kecil. Seperti jaringan yang ada di sekolah, kantor, atau pun gedung-gedung.
  3. MAN (Metropolitan Area Network)
    Cakupan yang dimiliki MAN yaitu sekitar 10-50 Km. MAN biasaynya digunakan untuk jaringan antar kantor yang bersebrangan misalnya.
  4. WAN (Wide Area Network)
    Jarak yang dimiliki WAN lebih luas lagi dari pada MAN.  Bisa mencapai kota ke kota maupun negara ke negara, bahkan benua ke benua. Jaringan seperti ini sama halnya dengan internet.
Dalam jaringan komputer, terdapat komputer yang berfungsi sebagai client (pengguna) dan server (pemberi layanan). Berdasarkan hal tersebut. Maka jaringan komputer memiliki jenis seperti berikut :
  1. Client – Server 
    Dalam jenis jaringan Client – Server, di dalam jaringan tersebut ada komputer yang  bertugas sebagai server, dan ada yang komputer yang menjadi client. Jadi sever tersebut bertanggung jawab terhadap kebutuhan layanan yang diinginkan oleh komputer client. Seperti koneksi internet, web server, file server, dll.
  2. Peer to Peer 
    Jika dalam Client – Server hanya satu atau dua yang bertugas sebagai server, maka dalam peer to peer semua komputer bisa menjadi server maupun client. Jadi semua memiliki kedudukan yang sama.

    No comments:

    Post a Comment