Wednesday, April 13, 2011

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Jaringan memiliki nama sendiri yang mewakili jenis – jenis cakupan daerah yang berada di jaringan terebut. Untuk cakupan daerahnya terdiri dari 5 macam. Diantaranya adalah :
  1. LAN (Local Area Network)
    LAN atau yang berkepanjangan Local Area Network adalah jenis jaringan yang memiliki cakupan daerah kecil yaitu jika menurut teori bisa mencapai 100 meter. Cakupan daerah tersebut sama halnya dengan seluas kelas atau sebuah kantor kecil atau warnet. Jaringan LAN bisa dibentuk dengan beberapa komputer yang terdapat pada suatu ruangan yang kemudian setiap komputer dihubungkan ke sebuah switch atau hub atau router.

  2. MAN (Metropolitan Area Network)
    Metropolitan Area Network atau MAN mempunyai cakupan yang besar dari pada LAN dan kecil dari pada WAN. Cakupan daerah yang dimiliki MAN bisa mencapai 10 km – 50 km. Seperti misalnya jaringan antar gedung, seperti antar gedung pemerintah atau perusahaan.
    MAN sebetulnya merupakan kumpulan beberapa jaringan LAN yang kemudian bersatu menjadi satu yang dinamakan MAN ini. Jadi pemasangan jaringan MAN hampir sama dengan LAN. Hanya saja membutuhkan biaya yang lumayan tinggi dan Perawatan khusus karena jalur jaringan yang berada di lingkungan outdoor.
     
  3. WAN (Wide Area Network) 
    WAN tersendiri memiliki cakupan daerah yang sangat luas. Cakupan daerahnya sudah mencapai negara – negara maupun benua – benua. WAN juga memiliki kesamaan dengan Internet.
    Untuk membangun jaringan WAN dibutuhkan khusus saluran komunikasi bersifat publik. Beda dengan LAN dan MAN yang misalnya masih bisa menggunakan komunikasi bersifat private. Dan WAN biasanya digunakan lebih untuk menghubungkan jaringan lokal suatu lokasi ke jaringan lokal lokasi yang lain. Sehingga orang – orang bisa berkomunikasi seperti saat ini.

  4. Internet
    Internet yang merupakan kependekkan dari Interconnected Network merupakan kumpulan komputer – komputer yang terhubung dengan kumpukan jaringan. Yang kemudian jaringan tersebut saling berhubungan dan menjadi yang dinamakan internet. Internet juga hampir sama dengan WAN. Cakupannya sangat luas bahkan sudah mendunia.
    Untuk koneksi Internet, menggunakan protokol – protokol untuk komputer saling berkomunikasi. Protokol tersebut yaitu TCP/IP. Protokol yang ada semisal IP, TCP, PPP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, SLL. Semua protokol tersebut memiliki beberapa fungsi masing – masing.
     
  5. Wireless – LAN 
    Wireless LAN atau yang biasa disebut dengan jaringan Wireless mempunyai cakupan daerah yang hampir sama dengan LAN. Hanya saja medianya berupa gelombang radio. Bukan kabel.
    Untuk membangun Wireless, bisa dengan alat wireless router dan pemancarnya untuk memancarkan sinyal wirelessnya.

No comments:

Post a Comment