Wednesday, April 13, 2011

Perbedaan x32 dan x64

Kita pastinya seringkali mendownload software-software yang berada pada intrnet. Ketika kita mendownload maka kita akan diberi pilihan tentang versi windows yang digunakan yaitu versi windows 32 bit dan 64 bit. Kita pasti bingung apa yang dimaksud 32 bit dan 64 bit itu. Maka dari itu, saya akan manjelaskannya disini.

Sebenarnya istilah 32 bit dan 64 bit itu diberikan kepada processor. Maksud dari 32 bit dan 64 bit adalah mengacu kapada teknologi pemrosesan pada processor bagaimana menangani informasi. Processor 64 bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada RAM dibanding processor 32 bit. Secara teori, ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer akan menjadi lebih baik.

Sedangkan, adanya windows 32 bit dan 64 bit mengacu kepada processor yang dapat menjalankan os tersebut. Jenis windows 64 bit hanya bisa diinstall pada komputer yang memiliki processor 64 bit. Tetapi windows 32 bit bisa diinstall antara processor 32 bit dan 64 bit.

Juga dengan beberapa aplikasi. Aplikasi juga pada didesain khusus berdasarkan jenis windows. Aplikasi yang berbasis windows 64 bit hanya bisa diinstall pada komputer yang memiliki windows yang berbasis 64 bit. Dan aplikasi yang berbasis windows 32 bit sebenarnya bisa diinstall di windows 32 bit dan 64 bit. Tetapi, tidak semuanya bisa diinstall di windows 64 bit.

No comments:

Post a Comment